Komedian Mesir Adel Imam Dipenjara


Mesir, Mukminun.com – Pengadilan Mesir pada Selasa (24/4) menggelar persidangan terhadap salah satu komedian paling terkenal di kawasan Arab, kemudian menjatuhkan hukuman penjara kepadanya karena melecehkan Islam di beberapa film yang dibintanginya.

Kasus Adel Imam dan kasus-kasus serupa memicu perhatian serius dari rakyat Mesir, terutama mereka yang berpegang teguh pada Islam setelah keruntuhan rezim Mubarrak tahun lalu.

Adel Imam dihukum penjara tiga bulan dengan denda sebesar $170 atas tuduhan menghina Islam di beberapa film yang ia bintangi, seperti “The Terrorist” dan “Terrorism and Kabab.”

Komedian ini juga terbukti bersalah atas perannya di film “Morgan Ahmed Morgan” pada tahun 2007 dimana ia memerankan lelucon sebagai seorang Muslim berjenggot yang mengenakan pakaian tradisional.

Banyak pihak yang memiliki penyakit dalam hatinya seperti seorang penulis, Alaa As-Aswany, menilai bahwa penahanan Adel Imam sebagai “Kegelapan Masa Pertengahan.”

Ada pula seorang reporter media infotainment Tarek el-Shinnawi yang menyebut kasus Adel Imam sebagai sebuah kemunduran dalam industri perfilman di Mesir.

“Hal ini akan membuat para penulis, sutradara, dan actor untuk berpikir ulang sebelum menerima peran sebagai seorang Muslim,” kata el-Shinnawi.

Kasus Adel Imam sendiri hanya satu dari sekian kasus serupa yang semakin marak diusut akhir-akhir ini.

Awal tahun ini saja sudah dua kali digelar siding terhadap Naguib Sawiris, seorang Kristiani, yang mana ia membuat karton Mickey Mouse berjenggot dan Minni Mouse berjilbab dan mengenakan cadar. Wallahu’alam bish shawwab. (JCOnline/Mukminun)

0 komentar:

Post a Comment