Haram Orang Kaya Pakai BBM Bersubsidi – Fatwa MUI Jombang


Indonesia, MelodramaticMind.com- Sebuah langkah tegas dan berani kini dilakukan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jombang pada Rabu (4 April 2012) lalu.

Melalui KH Kholil Dahlan, MUI Jombang dengan tegas berani mengeluarkan fatwa haram bagi orang-orang kaya untuk menggunakan BBM bersubsidi.

MUI Jombang berasumsi bahwa subsidi BBM adalah seperti zakat atau shodaqah yang telah jelas menjadi hak warga yang tidak mampu (fakir miskin).

“Jika pemilik mobil mewah masih menggunakan BBM bersubsidi, itu hukumnya haram karena mereka merebut hak rakyat miskin,” kata Kiai Kholil.

Maka jika memang pemilik mobil-mobil mewah masih menggunakan BBM bersubsidi, maka label “madzmummah” (yang tercela) pantas disematkan pada mereka.

Pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso Jombang ini berwasiat kepada para orang-orang kaya yang memiliki mobil mewah untuk tidak merenggut hak fakir miskin dengan menggunakan BBM bersubsidi.

Menurut pendapat beliau, yang disandarkan pada hukum fiqih, tindakan seperti itulah yang membuat harta seseorang menjadi kotor dan tidak berbarokah.

Beliau juga menegur sikap pemerintah yang tidak tegas terhadap para pemilik mobil mewah yang masih menggunakan BBM bersubsidi.

Beliau menganalisa kurang ada upaya dari pemerintah untuk menyelamatkan keuangan negara dan kelangsungan pembangunan.

“Dan barang siapa mengambil harta tidak menurut haknya, maka ia seperti orang yang makan tapi tidak pernah kenyang,” (HR Muslim).

4 komentar:

  1. tapi menurut Allah nggak haram dan nggak dosa kan sob?

    ReplyDelete
  2. "Seorang muslim haram menumpahkan darah, merampas harta, dan menodai kehormatan muslim lainnya," (HR. Muslim)

    Dari Abu Umamah al-Haritsi Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Barangsiapa mengambil hak milik seorang muslim dengan sumpahnya, maka Allah mengharuskan dirinya masuk neraka dan mengharamkan baginya surga." Ada seseorang bertanya: Walaupun sedikit, wahai Rasulullah?. Beliau menjawab: "Walaupun sepotong dahan pohon arak," (HR Muslim).

    ReplyDelete
  3. setuju gan... dosa mereka itu..

    ReplyDelete
  4. Hello bro!!! Nice info!!! Keep posting ;)

    ReplyDelete