Forum Ulama Ummat Indonesia Rilis Fatwa Sesat Sekte Syiah

Bandung, Mukminun.com – Dengan ditandatangani oleh KH Athian Ali M Dai, Forum Ulama Ummat Indonesia (FUUI) merilis secara resmi sebuah fatwa tentang sekte Syiah.

Dalam fatwa yang dikeluarkan pada Ahad (22/4) tersebut, FUUI secara tegas menyatakan bahwa sekte Syiah adalah sebuah aliran sesat dan keluar dari Islam.

Fatwa tentang Syiah tersebut diakui telah digodok sejak 28 Februari 2012 silam sebagai tanggapan atas banyaknya pertanyaan dari masyarakat tentang Syiah dan bagaimana harus bersikap terhadap Syiah.

Baru kemudian pada 17 Maret 2012 beberapa ulama peneliti aliran sesat seperti Ustadz Amin Jamaludin, Ustadz Hartono Ahmad Jaiz, Ustadz Luthfi Basori, Ustadz Daud Rasyid, Ustadz Ihsan Setiadi Latief berkumpul untuk membicarakan perlunya fatwa tentang Syiah.

Pada 22 Maret 2012 lalu tiga poin fatwa tentang Syiah telah selesai dirumuskan, dan baru diumumkan kepada publik hari ini (22/4) di Masjid Al-Fajar, Cicaraga.

Tiga poin fatwa sesat sekte Syiah dapat dirumuskan oleh FUUI adalah sebagai berikut:

1. Pribadi/kelompok yang meyakini, mengajarkan dan menyebarkannya secara keseluruhan maupun sebagian dari faham Syiah di atas, yang meyakini dirinya pengikut syiah maupun tidak, adalah sesat dan menyesatkan serta berada di luar Islam.

2. Umat Islam wajib membatasi interaksi, baik pribadi maupun kelompok dengan pengikut faham Syiah untuk menghindarkan diri dan keluarga dari pengaruh ajaran sesat mereka.

3. Pemerintah Indonesia berkewajiban mengambil tindakan terhadap pribadi maupun kelompok Syiah, karena telah menodai kemurnian ajaran Islam sekaligus untuk menghindarkan konflik yang lebih besar sebagaimana terjadi di negara-negara lain.

Bandung, 22 Maret 2012 bertepatan dengan 29 Rabiuts Tsani 1433.

Ditanda tangani KH Athian Ali M Dai selaku Ketua FUUI dan KH Abdul Qodir Sodiq (Penasihat FUUI). (Voa-Islam/Mukminun)