Eh, Ada Beasiswa Kuliah Kedokteran Bagi Lulusan Pesantren!


Malang, Mukminun.com – Tidak dapat dipungkiri bahwa memang selama ini masih terdapat sebagian masyarakat yang memandang remeh lulusan pesantren.

Kebanyak dari mereka memandang bahwa lulusan pesantren tidak bisa menjanjikan masa depan duniawi dan hartawi yang cerah.

Namun Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang (Unisma) tidak begitu, mulai tahun ajaran depan, Unisma membuka program beasiswa kuliah di Fakultas Kedokteran Unisma bagi 40 lulusan pesantren.

Ya, benar. Hanya 40 lulusan pesantren saja yang berhak mendapat beasiswa tersebut.

“Program beasiswa untuk santri ini baru dibuka tahun ini (tahun ajaran 2012-2013-red). Selama ini para santri kurang diakomodir di fakultas kedokteran. Padahal tak sedikit santri yang ingin kuliah di kedokteran,” kata Kepala Humas Unisma Malang, Pardiman.

Program yang berasal dari inisiatif Kementerian Agama RI ini mewajibkan 40 santri yang kuliah di Fakultas Kedokteran Unisma kelak untuk mengabdi di pesantren asal mereka selama dua tahun.

Hal tersebut, menurut Pardiman, ditujukan untuk membantu pesantren yang memberi rekomendasi dan juga diharapkan para santri kedokteran itu mampu membantu urusan kesehatan masyarakat sekitar pesantren.

“Selain untuk membantu pesantren yang memberi rekomendasi, juga diharapkan bisa membantu warga sekitar,” kata beliau.

Proses masuk untuk mendapatkan beasiswa tersebut tidak beda jauh dengan jalur pendaftaran beasiswa lainnya, hanya saja selain ada tes penerimaan, para santri tersebut juga harus mengantongi rekomendasi dari pesantren mereka berasal.

Anda lulusan pondok pesantren? Minat jadi dokter seperti Ibnu Sina? Yuk daftar beasiswa ini! Wallahu’alam bish shawwab. (Kompas/Mukminun)

0 komentar:

Post a Comment