Uncategorized

Politik Pencitraan

.fullpost { display: inline; }

Irfan Nugroho
Politik pencitraan merupakan upaya seseorang atau lembaga untuk membangun kesan baik di tengah publik.

Setidaknya inilah definisi ‘pencitraan’ yang bisa saya simpulkan setelah selama satu smester mengikuti kuliah “Public Relations” atau “Hubungan Masyarakat.”

Inilah strategi yang biasa digunakan oleh orang-orang berduit yang berhasrat untuk menjadi presiden, anggota dewan, gubernur, bupati, camat, atau lurah sekalipun.

Televisi kemudian dipenuhi dengan ‘iklan narsis’ dimana seorang yang bengis ditampilkan seolah-olah sosok yang ‘berwibawa’ dan ‘bersahaja.’

Di sini pula kemudian seseorang yang sangat amat jarang melaksanakan shalat kemudian ‘disulap’ menjadi sosok yang ‘shalih’ dengan baju koko, sarung, peci hitam, dan sajadah yang disampirkan di pundak.

Inilah yang disebut dengan politik pencitraan dan ini menjadi hal yang ‘legal’ dalam ilmu Public Relations (Silahkan tanya pada mereka yang kuliah di fakultas ilmu sosial dan politik).

Nah, ternyata ‘politik pencitraan’ juga dijalankan bukan hanya oleh orang-orang berduit, namun juga mereka yang diklasifikasikan golongan “tidak mampu” oleh pert*mina.

Konon di Tana Toraja, adat setempat ‘memfatwakan’ wajibnya menyembelih 1,000 ekor kerbau jika ada keluarga yang menginginkan agar leluhur mereka dikategorikan dalam kasta tertinggi.

Berdalih mengadakan ‘shadaqah,’ beberapa orang di Jawa kadang harus berhutang kesana kemari agar bisa menjalankan ‘selamatan tujuh hari,’ ‘selamatan 40 hari,’ ‘selamatan 100 hari,’ ‘selamatan 1,000 hari,’ dan lain sebagainya.   

Beberapa orang pun kadang ngotot mengadakan pesta pernikahan mewah agar dikatakan mampu memberi makan orang banyak, padahal setelah acara selesai, sang penyelenggara harus berpusing-ria memikirkan cara melunasi hutang yang menopang acara tersebut.

Di kota-kota besar seperti Jakarta, sering kita melihat seorang karyawan baru dengan gaji berkisar 4-5 juta pun kadang langsung memberanikan diri ‘kredit mobil’ agar bisa dipamerkan di kampung halaman saat mudik lebaran.

Seperti ‘politik pencitraan’ yang dilakukan oleh kaum elit yang mulai terbuka kedoknya, ‘politik pencitraan’ oleh kaum fakir jauh lebih mudah terkuak aib-nya. Bukankah 1500 tahun yang lalu Rasulullah telah berpesan kepada kita:
Siapa saja yang berbuat riya’ Allah akan memperlihatkan aib-nya,” (Hadist Sangat Shahih Riwayat Imam Bukhari).

BACA JUGA:  (MP3 Khutbah Jumat) Ust Abdullah Manaf Amin – Investasi Fii Sabilillah Sebagai Manifestasi Dari Syahadat

Seandainya masih terdapat iman sebesar biji atom di dalam diri kita, tentu kita harus senantiasa berharap agar kelak di akhirat kita tidak akan ‘dicuekin’ oleh Allah karena Nabi Muhammad Bin Abdullah telah memberitahu kita:

Ada tiga golongan yang tidak akan diajak bicara oleh Allah pada hari kiamat, tidak akan disucikan, tidak akan dilihat, dan baginya siksa yang pedih. Ketiga golongan tersebut adalah orang tua yang berzina, raja yang pendusta, dan orang miskin yang sombong,” (Hadist Sangat Shahih Riwayat Imam Muslim).

Ya Allah, semoga Engkau tidak menghukumku karena apa yang mereka katakan. Ampunilah aku atas apa yang tidak mereka ketahui. Dan jadikanlah aku lebih baik dari yang mereka kira,” (HR Imam Bukhari). (2 September 2011/3 Syawal 1432 H)

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button